Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide.

Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater. Meteorit dengan berat dari beberapa gram hingga beberapa ton telah ditemukan di bumi.

Ketika meteor menghantam tanah, sebagian meteorit akan hancur dan akan menghasilkan gelombang kejut yang menjalar di kerak bumi. Saat tumbukan, terjadi ledakan yang menyebabkan serpihan dari meteorit tersebut menyebar hingga beberapa kilometre. Ledakan dari tumbukan meteor menimbulkan terbentuknya kawah dengan sisi yang terangkat yang mencapai 10-20 kali lipat dari ukuran meteorit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: