Asteroid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita. Asteroid adalah contoh dari sejenis planet kecil (atau disebut juga planetoida), namun jauh lebih kecil dari sebua planet.

Asteroid merupakan benda kecil yang tersusun dari batu dan besi. Seperti halnya planet, asteroid juga berevolusi mengelilingi matahari. Biasanya ukuran dari asteroid kurang dari 100 km dan ukurannya pun juga tidak beraturan. Sejumlah asteroid berada diantara orbit planet Mars dan Yupiter. Kebanyakan asteroid mengelilingi Matahari dengan orbit hampir berbentuk lingkaran.

Asteroid terbesar yang ditemukan sebelum abad 21 adalah Ceres. Asteroid ini ditemukan pada tahun 1801. Asteroid ini memiliki diameter lebih dari 1.000 km dan massanya setara dengan seperempat massa seluruh asteroid yang ada. Pada tanggal 23 Agustus 2001 ditemukan lagi asteroid besar yang ukurannya lebih besar dari pada Ceres. Asteroid ini diberi nama 2001 KX 76. Asteroid ini memiliki lintasan orbit di dekat Pluto.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: